Menikmati Pesona Lereng Gunung Ungaran di Umbul Sidomukti


Siapa yang tak kenal Gunung Ungaran. Gunung yang berdiri gagah menjadi suatu landmark tersendiri jika anda melewati ruas jalan Jogja-Semarang atau Solo-Semarang ini.
Dibalik megahnya Gunung Ungaran ini. Siapa sangka ada sebuah surga yang bertengger di satu sisi lerengnya.

Sebuah tempat wisata pemandian alam menyuguhkan panorama epik bak negeri di atas awan. Surga itu bernama kawasan wisata Umbul Sidomukti yang merupakan salah satu Wisata Alam Pegunungan unggulan di Semarang, tepatnya di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang.



LOKASI

Untuk menjangkau lokasi ini lebih disarankan jika kita menggunakan kendaraan pribadi baik mobil atau motor. Dari arah Jogja, saat sampai di Ambarawa, tepatnya di Toko Pauline, kita bisa belok kanan untuk naik ke atas ke arah Bandungan. Sampai pasar Bandungan lalu ambil jalan ke kanan ke arah Jimbaran. Nah, bagi Anda yang pertama kali kesini mungkin akan bingung untuk mencari gang mana untuk belok ke kiri ke arah Umbul Sidomukti. Banyak orang bilang patokannya adalah pasar Jimbaran. Jadi di seberang pasar ada sebuah gapura disisi kiri jalan yang terdapat penunjuk arah untuk naik ke Umbul Sidomukti. Yang perlu diperhatikan, jangan sampai Anda mengambil jalan untuk turun kendaraan, karena bisa berakibat bertemu mobil dari atas sehingga bisa menyulitkan mengingat kondisi jalan yang sempit. Jadi pastikan petunjuknya jelas dan benar.


Nah, kalau Anda dari arah Semarang ke arah Jogja/Solo, sebelum pabrik Coca-cola atau tepat di Pom Bensi Lemah Abang, Anda harus menyebrang ke kanan memasuki jalan ke arah Bandungan. Patokan selanjutnya sama, yaitu gapura dengan penunjuk arah ke Umbul Sidomukti.
Jika Anda naik kendaran umum, bisa naik minibus ke arah pasar Bandungan dilanjutkan angkot jimbaran lalu naik ojek ke atas. 

Secara umum jalanannya sempit, berkelok-kelok dan menanjak. Dari gapura sampai setengah perjalanan kita akan disuguhi pemandangan padat rumah penduduk di kanan kiri jalan. Setelah itu, ada tanda untuk belok ke kanan. Nah, disini kita akan mulai disuguhi pemandangan hijau sawah dan ladang sayuran milik petani. Jika naik mobil, tak ada salahnya untuk membuka kaca dan menghirup segarnya udara pegunungan yang bersih.




FASILITAS

Daya tarik utama wisata ini sebenarnya adalah kolam renang dengan view lembah dan perbukitan dilereng gunung Ungaran. Namun, agar pengunjung tidak bosan, diberikan juga fasilitas pendukung yang lain seperti Outbond Training/ Adrenalin Games semacam Flying Fox, Marine Bridge, Rapeling, ATV, Trekking, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, Meeting Room, serta Goa Tirta Mulya.

Jadi ada dua titik lokasi utama. 
Satu lokasi berada di bawah setelah pintu masuk yang berisi kolam renang, aneka permainan outbond, hotel  dan tempat makan lesehan. Satu lagi ada di atas, perlu naik lagi pakai kendaraan atau sewa kuda karena lumayan jauh. Di atas terdapat pondok kopi, villa, gua tirtamulya, dan camping ground.


Kolam Renang

Di atas ketinggian 1200 dpl, dan diapit jurang dikedua sisinya, bisa dipastikan air di kolam renang ini terasa sangat dingin, jernih dan segar. Desain kolam renang yang unik,  ditambah pemandangan alam yang indah sungguh memanjakan mata.


Penginapan

Jika ingin tinggal lebih lama untuk merasakan dinginnya malam dan indahnya sunrise, kita bisa menginap di hotel di bawah, di villa di bagian atas dekat pondok kopi, atau ramai-ramai tidur di tenda di camping ground.


Pondok Kopi

Disini lokasinya jauh lebih tinggi. Otomatis pemandangannya jauh lebih luas. Jika cuaca cerah dan tidak ada awan, pemandangannya akan luar biasa, kita bisa melihat topografi alam yang memukai mulai dari lembah, pegunungan, penampakan kota Semarang, Ungaran, sampai Rawa Pening di Ambarawa. Kita bisa mengaggumi keindahan Sang Pencipta sambil menyantap aneka hidangan yang ditawarkan di Pondok Kopi dari teh poci hangat, roti bakar, sampai bakmi jawa, nasi goreng, dll.




Gua Tirta Mulya

Ada satu titik wisata unik dan mungkin jarang orang kesana. Yaitu sebuah gua di belakang pondok kopi. Waktu saya kesana, saya lihat lokasinya sepi entah karena mungkin tak banyak orang tertarik atau memang sudah sore dan sedikit pengunjung. Penasaran dengan isi di dalamnya. Saya bertanya dengan Bapak penjaga gua. Dia mengatakan bahwa ini adalah bekas gua jepang, ya, gua ini adalah gua buatan dan yang menarik adalah ada balkon diujung gua menghadap ke jurang dan air terjun kecil. Saya masuk ke dalam gua yang dingin dan gelap. Dipandu bapak penjaga gua, saya dibekali senter untuk mempermudah langkah. Jalanannya cukup baik dan datar, sekitar 200 meter dan kami mulai melihat cahaya terang. Ini seperti kejutan yang memukau. Bayangkan saja, dari perjalanan yang cukup lama (karena penasaran), gelap sempit dan dingin, tiba-tiba kita akan dihadapkan pada pemandangan yang sangat kontras. Sebuah balkon kecil menghadap ke jurang! Sungguh dramatis, ditambah suara air terjun kecil di bawah lembah. Rasanya ingin berlama-lama di tempat ini. Tarif untuk masuk cukup 5000 per orang. Sangat murah untuk pemandangan yang mewah!




TARIF KARCIS/TIKET
Untuk informasi harga tiket tahun 2014 adalah sebagai berikut:
- Tiket parkir mobil 2.000 IDR.
- Tiket masuk untuk hari biasa 4.000 rupiah per orang dan 5.000 rupiah pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur.
- Tiket Marine Bridge : 7.000 IDR
- Tiket flying fox : 12.000 IDR
- Tiket Rapeling : 6.000 IDR
- Tiket ATV 3x putaran : 15.000 – 20.000 IDR
untuk 3x putaran ATV.
- Disediakan juga paket untuk kelompok berisi minimum 20 orang untuk corporate event seperti trekking.
- Untuk booking dan info tarif hotelnya bisa minta langsung via email ke umbulsidomukti@gmail.com .Atau cek langsungvke websitenya di http://www.umbulsidomukti.com
Ini adalah contoh tarif hotel yang saya minta pada tahun 2014.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung kesana? Ajak teman-teman, saudara, dan keluarga untuk menikmati keindahan alam lereng Gunung Ungaran di Kawasan Wisata Umbul Sidomukti ya... :)

Supaya lebih tertarik berikut ada video Umbul Sidomukti yang kami ambil memakai drone pada Desember 2014 :)


Postingan populer dari blog ini

APA ITU HIDUP MINIMALIS

Peta Toko Benang Sunflower