TES IVA DI PUSKESMAS TELUK GONG PENJARINGAN

Update 13 Juni 2017

Setelah 2 tahun menunda tes IVA, akhirnya hari ini kesampaian juga. Dulu saya gagal gara-gara mens belum bersih, jadi sebelum tes pastikan kita sedang tidak mens dan sehari sebelumnya tidak berhubungan suami-istri. Saya datang sekitar jam setengah 7, karena selama puasa puskesmas buka lebih awal (dari jam 7.30 menjadi 7.00). Oh iya, Tes IVA hanya ada hari selasa dan jumat saja ya! Dan sebaiknya pagi.

Langsung deh ambil nomor antrian. Jangan salah pencet ya! Nomor antriannya yang KIA (Klinik Ibu dan Anak) bukan yang nomor antrian Umum. Kalau bingung tanya saja security yang duduk disebelahnya, bilang saja mau Tes IVA. Selanjutnya nomor kita akan dipanggil, langsung deh ke loket. Jangan lupa siapkan kartu BPJS (untuk ditunjukkan ke petugas saja), petugas biasanya akan menanyakan nama dan TTL kita (kalau sudah pernah berobat, nama kita akan muncul di sistem) kalau belum biasanya disuruh isi form dulu.

Selanjutnya, kita akan diarahkan untuk naik ke lantai dua. Di sini banyak Ibu-ibu hamil. Langsung saja ke petugasnya, bilang kita mau tes IVA. Waktu itu yang tes IVA cuma saya, jadi langsung diminta isi form dan diminta menyerahkan foto copy KTP dan kartu BPJS (Jangan lupa siapkan biar gak bolak-balik). Setelah itu masuk ke ruangan, ada interview sedikit seputar data diri dan riwayat mens, keputihan dan berbagai keluhan yang ada). Setelah itu baru deh masuk ke ruangan lain lagi, untuk proses tes IVA-nya. Kita diminta tidur dalam posisi kaki terbuka seperti orang mau melahirkan. Setelah itu alat seperti corong bebek akan dipasang dalam vagina (rasanya ngilu dan agak sakit, di sini kita harus rileks supaya otot tidak tegang nanti malah tambah sakit, bidan akan mengarahkan kita untuk menarik nafas dari hidung dan keluar lewat mulut). Setelah itu kapas yang sudah dibahasi asam asetat akan dmasukkan ke dalam vagina dan dibiarkan selama satu menit. Setelah itu baru dilihat reaksi yang nampak. Apakah tidak ada perubahan yang artinya IVA negatif atau muncul bercak putih mirip sariawan yang artinya IVA positif atau ada tanda lesi pra-kanker yang artinya harus segera dilakukan penanganan medis.

Setelah hasilnya nampak, bidan akan menjelaskan dan menulis hasil pemeriksaan kita dalam Kartu Deteksi Dini (seperti gambar di bawah). Oh iya,  kita juga akan diminta untuk melakukan pemeriksaan sadari,  memastikan bahwa tidak ada benjolan di sekitar payudara. Setelah itu?  Selesai deh.  Total waktu pemeriksaan tidak lebih dari setengah jam.  Dan semuanya gratis dengan kartu BPJS. 

Apa bedanya dengan pap smear ? 
Keduanya sama-sama bisa mendeteksi kanker. Untuk melihat hasilnya langsung dalam semenit bisa lewat tes IVA. Sedangkan untuk hasil yang lebih akurat bisa dengan pap smear. Mungkin logikanya karena tes IVA  hanya bisa terdeteksi dari apa yang nampak bukan lewat tes laboratorium seperti pap smear.  Untuk lebih meyakinkan mungkin bisa tes IVA dulu lanjut pap smear.  Tapi pap smear tidak bisa dilakukan di puskesmas ya! 

------------------------------------------------------

June 27, 2015

Suasana Puskesmas kec. Penjaringan di teluk gong pada hari sabtu 27 juni 2015. Puskesmas buka jam 8.00
Saya datang jam 8.00 dapat antrian nomor 13. Tes iva dilayani hari selasa saja.

Postingan populer dari blog ini

APA ITU HIDUP MINIMALIS

Peta Toko Benang Sunflower

Menikmati Pesona Lereng Gunung Ungaran di Umbul Sidomukti