9 Tanda Kamu adalah "Si Jiwa Tua"

Lagi mood, terjemahan bebas kilat... :p

Mau baca dari sumber asli langsung klik sumber berikut ( Source )

9 tanda bahwa di dalam dirimu bersemayam jiwa yang "tua" :
1. KAMU CENDERUNG MENJADI PENYENDIRI
Karena jiwa yang tua tidak tertarik untuk mengejar hal2 yang justru menarik bagi orang2 seumurannya. Karena jiwa yang tua merasa lelah untuk mencoba berteman dengan orang yang memang tidak cocok dengannya.  Ini adalah salah satu masalah umum yang mereka alami. Sehingga, Si Jiwa Tua cenderung lebih banyak menyendiri.
2. KAMU SUKA PENGETAHUAN, KEBIJAKSANAAN, DAN FAKTA
Ya, mungkin ini terdengar berlebihan, tapi jiwa yang tua secara alami cenderung tertarik kearah sisi intelektual dalam hidup. Si Jiwa Tua dengan sendirinya mengerti bahwa pengetahuan adalah kekuatan, kebijaksanaan adalah kebahagiaan, dan fakta adalah kebebasan. Lalu, kenapa kita tidak mengejar/mencari tahu ketiga hal itu? "Pengejaran" akan hal2 ini lebih berarti bagi mereka dibanding bergosip dan mencari tahu score bola terkini.
3. KAMU BERTUMBUH SECARA SPIRITUAL
Si Jiwa Tua cenderung sensitif dan memiliki sisi spiritual yang bertumbuh secara alami. Mengalahkan ego, mencari pencerahan dan membina cinta kasih dan kedamaian adalah tujuan utama dari Ibu Theresa kecil ini. Bagi mereka, ini nampak sebagai pemanfaatan dan pengisian waktu yang paling bijak.
4. KAMU MEMAHAMI BAHWA KEHIDUPAN INI HANYA SEMENTARA
Jiwa yang tua seringkali diganggu oleh fakta bahwa tidak hanya tentang kematian mereka sendiri tetapi juga kematian atau kehilangan dari apapun dan siapapun di sekeliling mereka. Kadang ini membuat Si Jiwa Tua lebih suka menarik diri (tidak terikat), dan hidup dengan jalan hidup pilihan mereka.
5. KAMU SUKA BERPIKIR DAN INTROSPEKTIF
Si Jiwa Tua cenderung banyak berpikir... tentang segala hal. Kemampuan mereka untuk merefleksikan dan belajar dari perilakunya sendiri atau orang lain adalah guru terbesar kehidupan. Satu alasan kenapa Si Jiwa Tua merasa begitu memiliki perasaan yang tua adalah karena mereka telah belajar banyak hal lewat proses pemikiran mereka dan memiliki banyak penglihatan ke dalam situasi kehidupan dari kemampuan mereka untuk secara tenang dan hati2 mengobservasi apa yang sedang terjadi disekitarnya.
6. KAMU MELIHAT "GAMBAR" DARI PERSPEKTIF YANG LEBIH BESAR
Si Jiwa Tua cenderung melihat kehidupan dari perspektif mata burung, mereka melihat apa jalan yang paling bijak dan berarti dalam menjalani hidup. Ketika mereka dihadapkan pada persoalan, mereka akan cenderung melihatnya sebagai luka sementara yang akan berlalu yang muncul untuk meningkatkan kebahagiaan dimasa depan. Oleh karenanya, si jiwa tua cenderung untuk memiliki sifat stabil dan tenang/tidak mudah marah dalam menjalani hidup mereka. 
7. KAMU TIDAK MATERIALISTIK
Kekayaan, status, popularitas, versi terbaru Iphone.... terasa memuakkan. Si Jiwa Tua tidak melihat tujuan mengejar benda2 duniawi yang bisa diambil dengan mudah dari mereka. Dan mereka hamya punya sedikit waktu dan minat untuk benda2 duniawi karena benda2 itu tidak begitu berarti bagi mereka.
8. KAMU ANEH, SEORANG ANAK YANG SULIT BERADAPTASI SOSIAL.
You were a strange, socially maladaptive kid.
Tidak semua mengalami tapi banyak Jiwa Tua mengalami atau memiliki tanda2 wneh kedewasaan pada usia muda. Seringkali, anak2 ini diberi label dewasa sebelum waktunya, introvert, pemberontak, menunjukka perilaku anti-mainstream. Biasanya anak2 ini cerdas dan dan punya rasa keingintauan yang tinggi. Mereka melihat bahwa apa yang diperintahkan guru dan orang tua tidak memberikan tujuan yang jelas karena itu mereka biasanya suka menolak baik secara pasif maupun agresif. Jika kamu bisa berbicara  pada anakmu seperti kamu berbicara pada orang dewasa, mungkin saja kamu memiliki Si Jiwa Tua di tanganmu.
9. KAMU MERASA "TUA"
Sebelum mengartikan apa ya aku rasakan, aku mengalami sensasi2 menjadi "tua" dalam diriku. Perasaan waspada, kelelahan mental, kesabaran, ketenangan. Sayangnya ini sering diartikan sebagai terasing dan dingin, yang mana hanya satu dari sekian banyak mitos Jiwa Tua. Sama seperti orang2 tua yang mendeskripsikan dirinya "berjiwa muda", begitu pula orang muda "berjiwa tua"

Pos populer dari blog ini

APA ITU HIDUP MINIMALIS

Peta Toko Benang Sunflower

Menikmati Pesona Lereng Gunung Ungaran di Umbul Sidomukti