APA ITU HIDUP MINIMALIS

Hidup Minimalis adalah?
Kesadaran untuk hidup sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.



Bagaimanakah latar belakang menerapkan gaya hidup minimalis?
Saya pribadi sebenarnya merasakan gaya hidup minimalis sebagai kesadaran sekaligus panggilan yang muncul bertahap dalam proses hidup saya. Jadi kalau misalnya ditanya kapan saya mulai menerapkan gaya hidup minimalis ini memang jawabnya tidak bisa menunjuk ke satu waktu tertentu tapi lebih ke proses, yang bahkan sampai detik ini saya masih berproses. 


Apa dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari? Apa manfaat yang dirasakan dari gaya hidup ini?
Yang pasti Hidup menjadi lebih teratur, efisien, hemat waktu, dan ringan. Tidak ada beban dan keterikatan semu pada benda-benda atau hal-hal yang sejujurnya kurang penting. Saya menjadi lebih bebas melakukan apa saja atau pergi kemana saja. Hidup saya berubah 180 derajat setidaknya dari beberapa tahun sebelumnya.


Saya membaca di beberapa ulasan tentang gaya hidup minimalis, bahwa seseorang yang memilih gaya hidup ini akan merasa terangkat ‘beban’ nya dan secara psikologis akan lebih fokus pada hal-hal atau barang yang dia anggap penting dalam hidupnya. Benarkah demikian?
Ya, karena fokus kita tidak akan terpecah ke hal-hal lain yang kurang penting. Seperti contohnya bagaimana saya melihat kamar saya yang relatif kosong. Hanya ada 1 tempat tidur, 1 lemari dan 1 meja, TV. Hampir tidak ada barang tersembunyi kecuali pakaian dan barang-barang esensial yang bisa sekaligus disimpan disana. Terlalu mudah untuk membersikan bahkan menemukan barang di kamar saya. Otomatis hidup kita menjadi lebih efisien.

Bagaimana batasan gaya hidup minimalis tersebut? 

Apakah harus ketat terhadap jumlah barang kepemilikan? Apakah ada ideal angka? Atau penentuan itu tergantung dari masing-masing individu? Contoh seseorang yang menentukan hanya memiliki 150 barang di dalam rumahnya.
Saya rasa tidak ada spesifikasi berapa item jumlah barang yang harus kita punya. Pertama karena kebutuhan masing-masing orang kan berbeda-beda. Apalagi kalau kita berbicara tentang profesi dan hobi. Tidak mungkin seorang fotografer membuang semua lensa dan peralatan fotonya supaya disebut sbg seorang minimalist. Patokannya adalah seberapa sadar kita pada kebutuhan kita. Kedua, patokan jumlah barang bagi saya lebih sebagai motivasi pribadi bahwa saya sebenarnya tidak perlu barang sebanyak itu lhoh. Dasarnya adalah lebih fokus pada esensi kebutuhan dari pada keinginan.

Bagaimana gaya hidup ini mulai diminati masyarakat Indonesia ?
Pasti ada walau tidak banyak. Saya pernah menerima beberapa pesan dari orang-orang yang membaca tulisan saya yg menyampaikan bahwa mereka memiliki pemikiran dan ketertarikan yang sama. Sedangkan sebagian besar masyarakat yg lain saya rasa belum sadar tentang keberadaan gaya hidup ini. Gaya hidup konsumtif masih lebih menarik dan lebih banyak diminati. Tapi saya melihat sebenarnya ada potensi ke arah sana, yaitu dari sisi kepeminatan masyarakat pada gaya arsitektur minimalis. Dengan semakin berkembangnya gaya arsitektur ini, sebenarnya ini menjadi satu indikator bahwa mereka yang benar-benar tertarik pada gaya arsitektur ini dan bukan karena sekedar mengikuti trend, mereka memiliki potensi untuk tersadar akan semboyan less is more, bahwa kesederhanaan itu indah dan memiliki nilai lebih. Mungkin kalau gaya hidup ini lebih dikampanyekan ke masayarakat akan ada lebih banyak orang yang sadar dan terpanggil. 

Apa yang membedakan gaya hidup minimalis dengan hidup hemat?

Orang yang hidup minimalis pasti berhemat.
Sedangkan orang yang hemat belum tentu minimalis.
Orang hemat belum tentu minimalis, semua dapat diihat dari faktor penyebab kenapa dia menghemat. karena bisa saja dia menghemat karena desakan atau tuntutan hidup. Jika ini penyebabnya, maka ketika dia punya banyak uang dia tidak akan lagi berhemat. Sedangkan seorang minimalist akan berhemat murni karena kesadaran bukan keterpaksaan atau tuntuan keadaan. Ketika dia menjadi milyuner sekalipun, hidupnya akan tetap sederhana dan berhemat, fokus pada kebutuhan. 


Bagaimana implementasinya dalam kehidupan?
Selalu sadar dengan apa yg kita lakukan. Mana kebutuhan mana keinginan. Yang paling susah adalah melawan keinginan dan keterikatan pada barang. 


Apakah ada syarat-syarat khusus untuk menerapkan hidup minimalis? Apa saja kriterianya?
Kita tidak bisa berubah dalam sekejap. Apalagi yg namanya panggilan. Jika ingin mencoba, hanya perlu belajar untuk sadar akan kebutuhan kita apa dan tidak mudah terjebak pada godaan keinginan. Ini yg susah untuk meredam segala keinginan semu kita dalam sekejap. Nah disini ada yang dalam psikologi dikenal dengan istilah katarsis. membuang semua energi negatif termasuk keinginan2 semu kita. biarkan proses itu mengalir, biarkan keinginan2 itu muncul sampai kita muak sendiri. Kalau memang ada panggilan, pencerahan itu akan datang dg sendirinya.  

Bagaimana respons orang terdekat terdapat gaya hidup yang sedang diterapkan, misalnya pasangan dan keluarga?
Respon mereka bingung, menganggap saya aneh, terlalu irit, pelit pada diri sendiri, yah macam-macam, kalau respon positifnya ada juga yang mengatakan hidup saya nampak tenang, santai, dan tanpa beban.
Meja kerja saya paling kosong, jika ada kertas tidak terpakai langsung saya buang, saya menghindari tumpukan berkas/dokumen tak terpakai yang akan menjadi sampah menumpuk yang akan menguras waktu untuk memilah jika tidak segera dibuang. Saya juga tidak membawa tas ke kantor. Ini yg membuat orang berpikir saya aneh apalagi saya perempuan. Ya, hal-hal semacam itu.


Bagaimana dampaknya terhadap masyakat secara umum dan lingkungan?
Orang yang tidak mengerti akan bingung, orang yg mengerti akan sadar, tidak ada yg salah dengan hidup sederhana, syukur-syukur ikut terpanggil.


Bagaimana mengelola keuangan dalam penerapan gaya hidup minimalis?
Tidak ada managemen pengelolaan khusus. Pengelolaan keuangan hanya dibutuhkan bagi mereka yg memiliki sifat hidup konsumtif sehingga perlu batasan2. Jika kita memiliki kesadaran yang baik dalam penggunaan uang. Keuangan kita otomatis juga akan terkelola dengan baik.


Postingan populer dari blog ini

Peta Toko Benang Sunflower

Menikmati Pesona Lereng Gunung Ungaran di Umbul Sidomukti