DESAIN MINIMALIS

Jaman SMA sekitar tahun 2004-2005, saya mulai memiliki hobi yang cukup aneh, yaitu menggambar denah rumah atau floor plan. Saya suka membeli majalah atau tabloid tentang arsitektur yang mengulas desain interior/eksterior rumah, mencari referensi dan inspirasi lalu tenggelam dalam imaginasi, membayangkan membuat desain rumah sendiri. Ada satu buku garis kotak-kotak matematika yang berisi koleksi desain rumah yang saya buat. Pada masa itu desain rumah minimalis sedang mulai menjadi tren. Rumah-rumah modern dengan desain yang simpel, tegas, dan bersih, minim lekuk, ukiran atau ornamen. Saya jatuh cinta dengan desain atau gaya rumah minimalis ini. Sederhana namun terlihat anggun, elegan, modern dan berkelas.

Saat keluarga saya membangun rumah baru, desain rumahnya masih standar desain rumah 90an dengan pemilihan perabotan yang masih kaya motif atau corak serta ukiran. Kusen pintu dan jendelanya masih dicat warna-warni. Rasanya gemas sekali ingin ikut mendesain rumah itu dengan desain interior dan eksterior yang serba minimalis. Namun saya sadar, itu rumah orang tua saya, bukan rumah saya. Jadi ya terserah mereka.

Tidak bisa dipungkiri, tren rumah minimalis ini sangat memperkaya wawasan saya dan mulai memperkenalkan saya pada semboyan less is more. Tak heran, jika diamati, desain rumah karya saya waktu itu juga bertransformasi dan mengalami perubahan menjadi semakin lebih kecil. Saya menyukai rumah-rumah yang kecil dan esensial dengan halaman yang lebih luas dibanding bangunan rumahnya. Disinilah akhirnya saya mulai berkenalan dengan Tiny House.

Desain minimalis membuat saya jatuh cinta dengan kata minimalis. Sederhana, bersih dan elegan. Mengalahkan segala desain lekuk rumit dan ukiran klasik. Kemewahan muncul dari suatu kesederhanaan desain. Melihat rumah mewah dan besar bergaya klasik saya sama sekali tidak tertarik. Apalagi saat saya mulai mengenal konsep rumah mungil atau Tiny House.

Pos populer dari blog ini

APA ITU HIDUP MINIMALIS

Menikmati Pesona Lereng Gunung Ungaran di Umbul Sidomukti

Peta Toko Benang Sunflower