PRESIDENKU SEORANG MINIMALIS

"Jokowi seorang minimalis?"

Hidup sederhana itu panggilan. Tidak bisa dibuat-buat apalagi dipaksakan. Kalau dipaksakan demi sebuah pencitraaan dijamin tidak akan bertahan lama. Lama-lama juga akan tersiksa sendiri dan akan muncul watak aslinya.  Kesederhanaan yang muncul dari hati, secara naluriah tak dapat dibendung. Menjadi budaya dalam setiap laku hidupnya. Hidup sederhana menjadi kenikmatan tersendiri bagi para pelakunya yang mungkin tak semua orang dapat memahaminya.

Saya masih ingat pertama kali mengenal sosok Jokowi ketika beliau yang pada saat itu masih menjadi walikota Solo hadir dan membaur di antara kerumunan warga ketika menonton acara OVJ. Seorang pria berbadan kurus dengan senyum ramah, meninggalkan kursi VVIPnya, melompat pagar dan lebih memilih untuk duduk lesehan dengan rakyatnya. Dibalik prestasinya sebagai walikota, aura kesederhanaan memang sudah nampak sejak awal.  Kemunculannya sebagai calon gubernur DKI Jakarta kemudian semakin melambungkan namanya. Sejak saat itu, kinerja, sikap, laku dan juga penampilan Jokowi selalu menarik perhatian. Kemeja putih yang itu-itu saja, kebiasaannya blusukan, potret kesederhanaan keluarganya, sampai momen masuk ke gorong-gorong. Banyak orang yang kagum namun banyak pula yang menganggapnya gimmick pencitraan hanya untuk menarik perhatian media dan rakyat. 

Seiring waktu berjalan dan ketika sang tukang kayu menjelma menjadi Presiden, nyatanya tak banyak yang berubah dari sikap dan penampilannya. Kemanapun beliau pergi, kesederhanaannya selalu terpancar dan menjadi ciri khas yang menonjol dari sosok Jokowi. 

Sikap low-profile nya yang tak kenal tempat dan waktu seolah meruntuhkan dinding eksklusif yang selama ini melingkupi para pejabat. Membeli sandal jepit, makan tahu tempe, bermain sepakbola, tanya jawab dan bagi-bagi sepeda dengan rakyat, adu panco dan mengantar anaknya berbelanja, hingga hal-hal kecil seperti memayungi raja Arab saat kehujanan adalah sikap spontanitas seorang minimalis yang jujur dan apa adanya. 

#hidupminimalis #jokowi

Postingan populer dari blog ini

APA ITU HIDUP MINIMALIS

Peta Toko Benang Sunflower

Menikmati Pesona Lereng Gunung Ungaran di Umbul Sidomukti