MASALA ATAU MASALAH ?

Pernah mencoba bumbu masala?

Masala adalah racikan rempah-rempah dari daerah India, Nepal, Pakistan dan sekitarnya yang biasanya dicampur ke dalam makanan dan minuman teh. Entahlah katanya ada perbedaan racikan dari setiap negara. Namun kurang lebih bahan-bahan dasarnya adalah kayu manis, ketumbar, jinten, lada, cengkeh, kapulaga, dll. Kebayangkan bagaimana kuatnya rasa dan aroma campuran bumbu semacam itu? Pertama kali saya berkenalan dengan bumbu masala ini adalah saat saya makan menu nasi goreng vegetarian di pesawat dari Kuala Lumpur. Mungkin karena tujuannya ke Nepal jadi menu yang dihidangkan mengikuti selera negara tujuan. Sebelum menu dihidangkan, sebenarnya saya sudah merasa mencium bau-bau aneh. Saya pikir itu adalah (maaf) aroma badan orang-orang Nepal yang ada di dalam pesawat, karena mirip bau badan orang India yang pernah saya temui. Eh ternyata bukan "hanya itu". Saat menu dihidangkan, saya baru sadar bahwa bau aneh itu berasal dari masala! Waktu itu saya masih bisa makan sedikit-sedikit mungkin karena efek lapar jadi meskipun baunya aneh saya tetap paksakan untuk makan yah walau tetap saja tidak habis hehe...

Setelah sampai di Nepal dan mencoba makan langsung di salah satu restauran lokal. Saya memesan teh masala. Dan disinilah rasanya saya mau muntah saat minum teh masala yang rasanya bagi saya tidak karuan. Aromanya menyengat sekali. Saya sempat mencoba beberapa menu lokal lain seperti mo:mo.  Parahnya karena ini bumbu dasar mereka, jadi hampir semua masakan lokal bisa dipastikan memakai bumbu ini. Saya jadi mengurungkan niat untuk makan dhal bhat (satu set makanan nepal, nasi yang dihidangkan dalam sebuah nampan dengan berbagai lauk).

Makanan dan minuman berbumbu masala ini ternuata juga kuat mempengaruhi bau badan kita menjadi bau masala. Makan dan minumlah masala selama beberapa hari berturut-turut dan badan anda akan tercium bau masala!


Akhirnya, saat di Nepal, tempat makan yang paling aman bagi saya adalah pergi ke restauran Jepang, western dan chinese food.

Tidak semua orang anti dengan bumbu masala seperti saya, banyak juga yang suka dengan bumbu masala. Jadi jika anda baru pertama kali ke Nepal, ada baiknya Anda mencoba dulu segelas teh masala. Jika rasanya cocok di lidah Anda artinya Anda bisa makan menu masakan Nepal yang lainnya.

Postingan populer dari blog ini

APA ITU HIDUP MINIMALIS

Peta Toko Benang Sunflower

Menikmati Pesona Lereng Gunung Ungaran di Umbul Sidomukti