TAKUT TUA

Apakah kamu siap tua?

Kebanyakan orang takut tua, benarkah?
Saya sering pergi ke mall dan melihat nenek-nenek yang ber make-up tebal, alisnya dibentuk, rambutnya mengembang seperti harum manis,  ubannya tersamarkan oleh cat rambut, bibirnya merah, dan tak jarang banyak yang rela mengeluarkan uang lebih untuk operasi kelopak mata yang turun atau menghilangkan keriput.

Pernah juga saya mengedit foto klien yang memang sudah berusia lanjut. Sesuai permintaan, dia ingin keriputnya tersamarkan, double chin atau gelambir lemak dibawah dagu juga minta dihilangkan. Saya pikir, semua orang yang mengenalnya pasti tahu wajah aslinya, kenapa harus berpura-pura seperti ini?

Saya juga kaget melihat teman saya yang tak terima karena mukanya mendadak tua saat bermain dengan sebuah aplikasi di smartphone yang bisa mengubah wajah kita menjadi tua. Menurutnya wajahnya di aplikasi itu menjadi jelek dan menyeramkan. Padahal semua orang yang lanjut usia juga pasti mengalaminya kan? Keriput dan peyot. Sepertinya teman saya  belum siap tua.

Sebegitu menyeramkankah menjadi tua? Kenapa memusuhi uban dan keriput. Sampai orang berbondong-bondong mencari krim anti penuaan, panik ketika mulai muncul banyak uban di kepala, operasi menghilangkan keriput di sana sini, dan tak terima jika usia semakin mendekati lansia?

Terbiasa cantik karena operasi, saya jadi membayangkan bagaimana jika keriputnya sudah tidak dapat dibendung lagi oleh kecanggihan teknologi dan mukanya mendadak tua. Mungkin orang-orang ini bisa stres karena wujud aslinya mulai terlihat.

Wajah tua yang bagi sebagian orang dianggap aib yang sebisa mungkin ditunda, bagi saya itu adalah fakta yang tertunda namun pasti akan datang jika kita berumur panjang.


Menjadi tua adalah wajar. Saya suka melihat wajah saya ketika tua. Seperti cermin pengingat untuk evaluasi diri, bahwa tidak ada yang perlu kita sombongkan dengan fisik atau rupa kita disaat muda. Secantik atau setampan apapun dia, suatu saat jika diberi umur panjang pasti akan tua dan mati juga. Terbiasa tidak memakai topeng akan membuat kita dengan sukacita dapat memeluk masa tua dan menua dengan alami.

Postingan populer dari blog ini

APA ITU HIDUP MINIMALIS

Peta Toko Benang Sunflower

Menikmati Pesona Lereng Gunung Ungaran di Umbul Sidomukti