TRAVELING MAKSIMAL DENGAN BAWAAN MINIMAL

"Pergi berlibur tanpa membawa banyak barang, kami bebas pergi kemana saja, menjelajah sepuasnya, dan benar-benar berwisata!"

Berapa banyak barang yang perlu kita bawa pada saat bepergian? Semua tergantung dari beberapa faktor. Pertama, seberapa lama kita pergi. Kedua, kemana atau apa tujuan perjalanan kita. Ketiga, dengan siapa kita pergi. 

Barang bawaan untuk perjalanan selama dua atau tiga hari tentunya berbeda dengan barang bawaan untuk perjalanan selama dua minggu atau satu bulan. Tujuan perjalanan juga kadang menentukan seberapa banyak barang bawaan kita, apakah itu liburan, bisnis, atau urusan yang lain. Dengan siapa kita pergi? Pergi sendiri dengan menanggung tanggunan kita sendiri? Atau pergi dengan anak kecil atau orang tua yang sudah lanjut yang sepenuhnya bergantung pada kita? Membawa tanggungan selain diri kita pastinya tidak akan cukup jika hanya membawa sebuah tas ransel.

Dengan pedoman hidup minimalis, selama apapun, untuk tujuan apapun, dan dengan siapapun kita pergi, patokannya bukanlah pada opini "Cukup satu koper/tas ransel", namun membawa barang seesensial mungkin, yaitu sesuai kebutuhan kita.

Seorang solo traveller sangat cocok dengan semboyan "Cukup Satu Ransel", tapi sebuah keluarga kecil dengan seorang bayi atau anak kecil, mana cukup hanya dengan satu tas ransel atau koper?

Jika kita pergi dengan membawa lebih dari satu tentengan, pastikan kita ingat ada berapa tas/tentengan yang kita bawa. Selalu cek setiap saat khususnya jika kita akan beranjak ke tempat yang baru. 

Pergi liburan selama 7 hari bersama suami, saya sendiri tidak cukup hanya satu ransel. Berhubung kami berdua hobi fotografi, kamera, lensa dan tripod tentu tidak boleh ketinggalan. Alhasil, barang bawaan kami kategorikan menjadi 5 kelompok terpisah. Ada 2 ransel berisi baju dan personal things yang kami bawa masing-masing, 1 tas kamera, 1 tripod, dan 1 tas pinggang kecil untuk menyimpan id cards dan uang secukupnya. Saya membawa satu tas ransel dan tripod, suami saya membawa tas ransel, tas kamera, dan tas pinggang kecil. Kemanapun kami pergi, kami selalu cek bahwa selalu ada 5 tentengan yang kami bawa.

Jangan terlalu banyak membawa pakaian apalagi yang berbahan tebal atau berat. Satu baju untuk satu hari, dan satu baju tidur untuk beberapa hari. Bahkan jika kita pergi ke tempat dengan suhu udara dingin, kita bisa lebih awet memakai baju atau tidak cepat ganti baju.


Yang penting perhatikan kondisi cuaca di tempat tujuan, jangan sampai salah kostum supaya tidak kepanasan atau kedinginan. Bawalah peralatan mandi secukupnya. Beli pasta gigi, sabun, dan shampo ukuran kecil. Jika kurang toh bisa beli di tempat tujuan. Masukkan pada satu tempat khusus. Fokuslah pada apa yang benar-benar Anda perlukan. Buatlah target barang bawaan pulang, misalnya maksimal 1 tentengan untuk oleh-oleh. Jangan mudah tergoda dan membeli barang yang tidak penting. Kami sendiri membawa pulang 1 tas kresek oleh-oleh. Lalu untuk kami sendiri? Satu buah singing bowl (yang sudah jadi impian) dan satu magnet kulkas sudah lebih dari cukup.

Pos populer dari blog ini

APA ITU HIDUP MINIMALIS

Peta Toko Benang Sunflower

Menikmati Pesona Lereng Gunung Ungaran di Umbul Sidomukti